( https://sahabatnesia.com/unsur-unsur-komunikasi/ )
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia,
pengertian komunikasi adalah pengiriman serta penerimaan sebuah pesan
atau berita dari dua orang atau lebih agar pesan yang dimaksud bisa
dipahami.
Secara umum,
pengertian komunikasi merupakan suatu interaksi atau sebuah proses
simbolik yang menghendaki orang-orang mengatur lingkungannya dengan
membangun hubungan antar sesama manusia, melalui pertukaran infomrasi
untuk menguatkan sikap dan tingkah laku orang lain dan berusaha untuk
mengubahnya.
Istilah komunikasi sendiri berasal dari kata komunism yang
berarti membuat kebersamaan atau membangun kebersamaan antara dua orang
atau lebih. Komunikasi juga berasal dari kata communico yang berarti
membagi.
Komunikasi merupakan sesuatu hal yang paling sering digunakan dalam hubungan antar makhluk hidup. komunikasi tentu bukan hanya antar individu, namun juga antar kelompok. dalam hal ini adalah komuniasi dalam forum publik.
( IKHTISAR )
Berikut ini adalah beberapa tujuan berkomunikasi :
- Agar yang disampaikan komunikator dapat dipahami oleh komunikan. Supah mudah untuk dipahami oleh komunikan maka komunikator butuh menerangkan pesan utama dengan sejelas mungkin.
- Supaya dapat mengerti orang lain. Dengan melakukan komunikasi, setiap individu dapat mengerti individu yang lainnya dengan kemampuan mendengar apa yang dibicarakan oleh orang lain.
- Supaya pendapat kita dapat diterima oleh orang lain. Komunikasi serta pendekatan persuasif merupakan langkah yang efektif agar ide kita dapat diterima oleh orang lain.
- Menggerakan orang lain untuk melakukan suatu hal. Komunikasi serta pendekatan persuasif dapat membangun kesamaan persepsi dengan orang lain lalu menggerakannya sesuai dengan apa yang kita inginkan.
komunikasi pada umumnya memiliki 4 unsur yaitu Sender, Message, Feedback, dan Receiver. untuk menyampaikan komunikasi tersebut tentu perlu adanya media komunikasi. media komunikasi dipilih sesuai dengan apa yang menjadi sasaran dari komunikasi yang akan kita lakukan, apakah itu usia anak-anak, remaja, dewasa, manula, pejabat, dsb . . .
media komunikasi dapat berupa situs jejaring sosial, poster, makalah, pakaian, buku, dsb. . sebagai seorang komunikator tentu harus bersifat persuasif agar apa yang disampaikan dapat diterima oleh komunikan.
SOCIALIZE IT →