MEDIA SOSIAL
(Social Media) adalah saluran atau sarana pergaulan sosial secara
online di dunia maya (internet). Para pengguna (user) media sosial
berkomunikasi, berinteraksi, saling kirim pesan, dan saling berbagi (sharing),
dan membangun jaringan (networking). Menurut Wikipedia, media sosial
adalah sebuah media online, dengan para penggunanya (users) bisa dengan
mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring
sosial, wiki, forum, dan dunia virtual.
Gamble, Teri, dan Michael dalam Communication
Works sebagaimana dikutip Wikipedia menyebutkan, media sosial
mempunyai ciri - ciri sebagai berikut :
- Pesan yang di sampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa keberbagai banyak orang contohnya pesan melalui SMS ataupun internet
- Pesan yang di sampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu Gatekeeper
- Pesan yang di sampaikan cenderung lebih cepat di banding media lainnya
- Penerima pesan yang menentukan waktu interaksi
Contoh
dari media sosial adalah INSTAGRAM
Sosial
media yang mengedepankan konten berbentuk visual ini dapat Anda jadikan pilihan
dalam berpromosi. Karena tentunya, konten yang ditawarkan akan menjadi lebih
menarik bila menggunakan gambar. Namun, untuk saat ini instagram banyak
didominasi oleh pengguna remaja. Bahkan, survey mengatakan bahwa hamper taka da
pengguna instagram yang berusia di angka lebih dari 45.
A.
Definisi Instagram
Saking
populernya Instagram sebagai sebuah media sosial, banyak orang yang tak tahu
arti sebenarnya dari pemakaian kata tersebut. Disusun dari dua kata, yaitu
“Insta” dan “Gram”. Arti dari kata pertama diambil dari istilah “Instan” atau
serba cepat/mudah. Namun dalam sejarah penggunaan kamera foto, istilah “Instan”
merupakan sebutan lain dari kamera Polaroid. Yaitu jenis kamera yang bisa
langsung mencetak foto beberapa saat setelah membidik objek. Sedangkan kata
“Gram” diambil dari “Telegram” yang maknanya dikaitkan sebagai media pengirim
informasi yang sangat cepat. Dari penggunaan dua kata tersebut, kita jadi
semakin memahami arti dan fungsi sebenarnya dari Instagram. Yaitu sebagai media
untuk membuat foto dan mengirimkannya dalam waktu yang sangat cepat. Tujuan
tersebut sangat dimungkinkan oleh teknologi internet yang menjadi basis
aktivitas dari media sosial ini.
B.
Keistimewaan Instagram
Kalau
hanya untuk membuat foto dan mengirimkannya dalam waktu cepat, bukankah banyak
media sosial lain yang menawarkan konsep serupa? Nah, dari pertanyaan tersebut,
Instagram sebenarnya telah menjawabnya melalui serangkaian fitur dari
aplikasinya. Mulai dari pemakaian filter hingga optimalisasi hashtag untuk
mengelompokkan tema foto. Kalau ingin membuktikan lebih dalam tentang
keistimewaan Instagram, bisa kita ulik lagi dari seluk beluk aplikasi ini. Pada
dasarnya, media sosial ini sebetulnya merupakan aplikasi yang memang sangat
dikhususkan untuk para penikmat dan praktisi fotografi. Jadi, dari fungsi
tersebutlah bisa diperoleh sejumlah manfaat yang bisa menciptakan hasil-hasil
optimal.
C.
Optimalisasi Pemakaian Instagram
Kecenderungan
orang yang latah dalam menggunakan media sosial ialah asal membuat akun namun
memperlakukannya sama seperti kebanyakan media sosial lain. Jadi, misalnya ia
sudah terbiasa bermain Facebook, maka ia secara tak sadar menggunakan media
lain seperti Instagram dengan kebiasaan serupa.
Kalau
persoalannya adalah media sosial sebagai alat narsis, hampir setiap orang, baik
sadar maupun tak sadar berulang kali mempraktikkannya. Justru dengan sejumlah
keistimewaan yang telah disediakan oleh aplikasi seperti Instagram itulah,
setiap pengguna bisa memanfaatkannya untuk tujuan tertentu.
D.
Media Promosi
Semakin
banyak orang yang menyadari bahwa Instagram merupakan alat promosi yang sangat
ampuh. Kecenderungan para pengguna internet ialah lebih tertarik pada bahasa
visual. Nah, dibandingkan dengan media sosial lainnya, Instagram lebih
memaksimalkan fiturnya untuk komunikasi melalui gambar atau foto. Ketika bahasa
visual mendominasi dunia internet, dari situlah para pelaku bisnis bisa
memanfaatkan peluang yang terhampar di depan mata.
Gaya-gaya
promosi dengan Instagram pun sangat unik dan variatif. Kadang, kita bisa
menikmati rangkaian foto yang dibuat secara estetis dan sangat menarik perhatian.
Penerapan promosi pun bisa diterapkan, misalnya dengan menyelenggarakan sebuah
kompetisi khusus bagi para penggemar fotografi. Hanya berbekal gadget dan
aplikasi Instagram, maka berbagai karya foto pun bisa dihasilkan dan
seolah-olah seperti karya para fotografer profesional.
Fenomena
lainnya yang sangat menarik dari Instagram adalah bagaimana kebanyakan orang
tertarik untuk mempopulerkan akun mereka. Tujuannya adalah memperoleh
jumlah follower sebanyak-banyaknya. Metode ini sebenarnya sama
persis dengan Twitter yang menghasilkan banyak Selebtwit di
Indonesia. Begitu pula dengan dunia Instagram yang melahirkan sejumlah Seleb dengan
ribuan bahkan jutaan follower. Ketika seseorang sudah punya
banyak follower, secara otomatis ia punya reputasi sehingga menarik
minat dari sejumlah vendor untuk memasang iklan di akun Instagram mereka.
Itulah yang disebut sebagai buzzer yang mampu mendulang banyak
keuntungan yang berawal dari hobi postingan di Instagram atau media sosial
lainnya.
Namun
untuk membuat sebuah akun Instagram dengan tujuan-tujuan tersebut harulah
memiliki kemampuan komunikasi yang cukup bagus. Setidaknya, seorang pemilik
akun mampu menghasilkan foto berkualitas dengan gaya kemasan yang unik dan
berkarakter. Jadi bukan asal-asalan membuat akun Instagram dan menyebar spam alias
promosi dengan cara meninggalkan jejak komentar di sembarang akun Instagram
lainnya.
SOCIALIZE IT →